Minggu, 13 Juni 2010

Assesment

Falid: Sesuai dengan pernyataan
Kecenderungan penilaian hasil belajar
Penilaian cenderung menitik beratkan kepada keotentikan, relevansi dan kebermaknaan bagi siswa 9student centred assasment) sehingga diperlukan suatu metode pendekatan alternatif penilaian baru yang dapat menciptakan iklim kerja sama terbuka antara guru dan siswa.

Karaktristik penilaian
1. Penilaian merupakan bagian dari pembelajaran
2. Penilaian mencerminkan hasil proses belajar pada kehidupan nyata
3. Menggunakan berbagai instrumen, pengukuran dan metode
4. Komperehensif, otentik, dan berkelanjutan
5. Mengukur semua kompetensi dasar
6. Mencakup aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif
7. Dapat dilakukan pada satu/lebih kompetensi dasar
8. Hasil penilaian dianalisis dengan dan ditindak lanuti dengan program remidi atau pengayaan

Teknik Penilaian
1. Unjuk kerha (performance)
2. Penugasan
3. Hasil kerja (product)
4. Tes tertulis (paper dan pen)
5. Portofolio
6. Penilaian sikap

Perbedaan Assasment dan Evaluasi
Assesment Evaluation
Diperoleh oleh guru dan siswa
Memberikan informasi yang diperoleh oleh guru dan siswa Seorang guru menggunakan peralatan untuk menilai ssiwa sehingga informasi dapat digunakan untuk membandingkan antar siswa

Evaluasi: Kumpulan dari assesment untuk memberikan informasi pada suatu lembaga
Contoh: Pengukuran (membandingkan suatu fenomena dengan ukuran standart)
Instrumentnya adalah tes.
Tes: Serangkaian tugas/pertanyaan yang harus dijawab atau diselesaikan oleh siswa (sengaja dirancang).
Non tes: siswa tidak wajib menyelesaikan/mengerjakan sesuatu yang tidak sengaja dirancang oleh pengevaluasi
Contoh: menilai aktivitas murid siapa yang paling aktif, tes kinerja dengan tes
2 pandangan: evaluasi, dan assesment: upaya pengolahan evaluasi tentang gejala.
Assesment
1. Konvensional (mengutamakan ranah kognitif)
2. Non konvensional
Portofolio: Kumpulan suatau tugas siswa yang menggambarkan perkembangan siswa
Penilaian sikap = Assesment alternatif
Sikap adalah tanggapan yang diberikan kepada individu terhadap rangsangan.
Nonte: pedoman observasi
Tes: berupa pertanyaan
Psikomotor: Tes dan Non tes

Keuntungan tes formal
Perlakukan cepat
Validitas (valid: tepat): Tes/materi sesuai dengan tujuan bentuk dan konstruksinya tepat (dari segi bahasa, opsi, pengecoh obsi, variasi kunci jawaban yang benar), makna kalimat tidak berbelit – belit.
Konstruk:
1. Siswa yang mengerjakan
2. Indikator apa yang digunakan
3. dengan menggunakan apa, dia mendeskripsikan
4. Sampai tingkat mana
5. Tata bahasa

Reliabilitas: uji proporsi dan daya pembeda: Tes formal dan assesment.
Jika guru matematika mengakses siswa yang bersifat informatif untuk mengetahui pemahaman siswa, maka usaha guru tersebut memberi tes berupa pertanyaan. Dari pertemuan yang dilakukan di dalam kelas, guru mampu mengevaluasi cara mengajarnya selama ini.

1 komentar:

  1. Bet365 Casino UK Review 2021 - Bonuses, Software and Games
    It offers more than 60 webforno.com games and a 서산 휴게텔 great selection of welcome bonuses in its live 7 포커 족보 casino portfolio. 썬시티 Sign up today and claim 벳인포해외배당흐름 your welcome bonus!

    BalasHapus